Web
Analytics

Share Trik VPS Murah Plus dapat Hardisk SSD 50 GB

Kemarin sempat penasaran dengan promo dari teman, katanya hostingnya mantap, ya mungkin juga sih, tp so far yang saya rasa biasa aja sih, tapi harga sewanya cukup mahal menurut saya dengan branding “hosting rasa VPS“.

Kebanyakan orang sangat takut untuk masuk ke dunia linux, padahal saya juga ga ada apa-apanya soal linux, cuma bisa login aja, ganti password dan reboot server, hehehhe. Yah sesuai kebutuhan, banyak yang harus dipelajari dan jadilah sedikut punya pengetahuan, belum dasarnya loh hanya sedikit saja.

vultr vps Block storage

Oke to the point aja langsung, karena mikirin website wallpaper saya imagenya banyak banget dan saya kesusahan memindahkannya jadilah saya coba tawaran teman saya itu, mumpung ada gratis trial 1 bulan, ya saya coba saja, dan setelah berkolaborasi dengan penyedia server saya yang lama jadilah saya kembali buat server tambahan di Vultr.

Sayangnya sekarang ga ada kupon dari VULTR ga tau kenapa, apa karena banyak banget yang pake buat gratisan ya, namanya juga orang Indonesia, jangan tawari deh yang kaya begituan, pasti kotak kita muter sampe dapat tuh caranya, paling karena kelalaian atau malas aja kali ya makanya kita bayar.

Nah kabar baiknya sekarang hanya dengan $ 2.5 / bulan kita udah bisa dapat sebuah VPS server dengan spek

1 CPU Prosesor

20 GB SSD Harddisk

512 MB Ram Memory

500 GB Bandwidth

Lumayan kan, dari pada bayar 100an ribu, nah serang masih ada promo dari VULTR nih yang daftar dari sini bakalan dapat free 50 GB SSD storage, tapi ga tau sampikapan, dan kalaupun promonya habis, tenang aja, harga sewanya cuma $5 / bulan, jadi $ 2.5 + $5 kan cuma $7.5 saja kan, masih murahlah dengan speknya dan kualitas VULTR. Tapi Kalau mau yang lebih mantap ambil paket yang $5/bulan, bisa kuat untuk 10 atau 20 website.

Trus gimana caranya biar dapat itu semua dan menggunakannya untuk menjalankan website kita? oke kira-kira begini stepnya nanti.

    1. daftar VULTR disini trus create server (pilih server Amerika yang NJ (New York) karena Storage nya cuma bisa disini, jangan lupa ya pilih yang $2.5/bulan dan O/S nya pilih Ubuntu 16.04 (64-bit) karena nantinya biar gampang di sambungin dengan serverpilot.
    2. Setelah selesai create Block Storage dan pilihlah kapasitas 50 GB, kalau digeser kekanan akan keluar berapa biaya yang akan dikeluarkan.
    3. Sambungkan Server dengan Block Storage dengan cara Attach
    4. Selanjutnya Buka SSH Client atau Putty kemudian Login Ke server dan masukkan perintah berikut
      (Linux) Create partitions:
      # parted -s /dev/vdb mklabel gpt
      # parted -s /dev/vdb unit mib mkpart primary 0{e3c25917de9cbf80ac99612aec0d1dd6d78854f1679c8053e49d89dca1de987d} 100{e3c25917de9cbf80ac99612aec0d1dd6d78854f1679c8053e49d89dca1de987d}(Linux) Create filesystem:
      # mkfs.ext4 /dev/vdb1

      (Linux) Mount block storage:
      # mkdir /mnt/blockstorage
      # echo >> /etc/fstab
      # echo /dev/vdb1 /mnt/blockstorage ext4 defaults,noatime 0 0 >> /etc/fstab
      # mount /mnt/blockstorage
      (oh iya, tanda pagarnya jangan dicopy ya, siapa tau ga bisa, maklum saya cuma tau itu saja)

    5. Hubungkan Server anda dengan serverpilot (penting, sebelum menghubungkan server anda dengan server pilot, jangan lakukan instalasi apapun, yang boleh dilakukan, ganti password dengan cara ketik passwd, dan menghubungkan server dengan block storage, karena jika tidak bisa kemungkinan, server anda gagal terhubung dnegan server pilot).
    6. Arahkan domaian anda ke serverpilot (server), kalau saya biasanya hanya ubah Cname, dan Arecord saja.
    7. Install wordpress atau aplikasi lain yang kamu sukai.

Dah itu saja caranya, daftarnya disini ya, (afflink) jika kamu daftar dari link saya dan deposit minimal $10 akan saya pandu kamu supaya bisa langkah diatas. PM saya di FB.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *