Web
Analytics

Cara Mudah Backup dan Restore Database MySQL di Server Linux

Hai Sobat Linux, seperti biasa, saya ada kerjaan backup dan restore database dan website di VPS server Linux, dan ternyata sangat mudah sekali kalau kita menggunakan Linux, pada postingan sebelumnya saya sudah share cara backup folder, dan pada kesempatan kali ini saya akan share cara mudah backup dan restore database pada Mysql di server VPS berbasis Linux.

Ternyata cara backup dan restore database pada MySQL di dalam sebuah komputer atau website sangatlah mudah sekali, dimana anda hanya perlu memahami fitur-fitur yang terdapat dalam website ataupun komputer itu sendiri, nah untuk membantu anda dalam backup dan restore database MySQL, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai cara mudah backup dan restore database pada Mysql di server VPS berbasis Linux. Prosedur dan tutorial di bawah ini ini sangat mudah dan bisa sangat membantu terutama jika Anda menyimpan semua database mysql website anda ke dalam database tunggal atau di flash disk.

Oke langsung saja begini caranya.
Tutorial cara Backup dan restore database MySQL

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk melakukan backup dan restore database MySQL pada website anda ialah dengan terlebih dahulu log in ke server website Anda, jika anda menggunakan VPS linux anda bisa login melalui SSH dengan menggunakan program bernama putty.

2. Jika anda sudah login ke server, maka langkah selanjutnya ialah dengan menjalankan beberapa perintah untuk membuat file backup dari database Anda dan menyalin file backup pada PC (personal komputer) Anda atau anda juga bisa menyalinnya ke direktori yan berbeda pada server Anda. Adapun perintahnya adalah:

“mysqldump -u username -pkatasandi nama-database > nama-backup.sql” (tanpa tanda petik)

Untuk Restore lakukan dengan perintah berikut ini:
“mysql -u username -pkatasandi nama-database < nama-backup.sql” (tanpa tanda petik)

Keterangan:
username : Nama user name database anda
katasandi : password database anda
nama-database : nama database anda
nama-backup.sql : nama hasil backup database yang anda inginkan diakhiri dengan extensi .sql

jika anda menggunakan wordpress data tersebul dapat dilihat di file wp confiq.php

Oke cukup sekian share singkat cara mudah backup dan restore database pada Mysql di server VPS berbasis Linux semoga membantu ya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *